bismillah

//go.ad2up.com/afu.php?id=765669

Bismillah

switch

Thursday, January 23, 2014

The First Competition



The First Competition
Oleh: Jawaharo Nisa Salsabila dan Yassirly Amriya

Madrasahku,
Dalam laga perdana
Kami berangkat membawa nama
Namun pulang dengan tangan hampa
Maaf bila Engkau kecewa                                  
Tapi ini bukan kekalahan
Ini hanya kemenangan yang tertunda






Selasa, 24 desember 2013. Tangan ini mulai mengayun di atas keyboard. Mengawali sebuah catatan. Untuk merespon juga menanggapi sepucuk surat. Sebuah undangan atau tepatnya tantangan tentang pendelegasian lomba bernama GAZA (Gebyar Jazirah Arab). Dalam ajang ini ada beberapa cabang lomba, yakni lomba baca kitab, kaligrafi, LKTI, ghina’ ‘Arabi, khitobah, dan imathoh. Semua lomba kita ikuti  kecuali Ghina’ ‘Arabi dan Imathoh. Pembina lomba mulai membagi dan menyusun strategi untuk mengikuti lomba, namun ada sebuah insiden ketika kita mengirim delegasi untuk LKTI. Aturan main dalam LKTI adalah seluruh peserta mmengirim print out karya tulis kepada panitia lewat pos, selanjutnya akan disaring 10 peserta terbaik yang akan mempresentasikan hasil nya dihadapan juri. Setelah di tunggu, berita gembirapun datang, yaps sekolah kita masuk dalam top ten LKTI. Eits...tapi gak sido...haha.. Revisi panitia baru di umumkan malam harinya, dan ternyata seolah kita tergeser oleh sekolah lain. Sedih memang, tapi pie maneh ? Never  mind , itu adalah pelajaran membesarkan hati pertama yang kami dapatkan. Dan tentu semua akan indah pada waktunya.
            Sabtu, 16 November 2013.
            Hari telah yang ditunggu-tunggu tiba. Hari ini semua delegasi madrasah tercinta berangkat ke UIN MALIKI MALANG. Perlu perjuangan untuk semua ini, mulai perizinan, transporasi, dan tetek bengek lainnya Setelah perizinan, transportasi, dll-nya terselesaikan, mobilpun melaju tepat pada jam 17.15 dengan keadaan perut kosong, alhasil semuapada KO, kecuali dua saudara Surabaya  kita. Jalan yang meliuk liuk indah dan pemandangan dengan gemerlap bintang membuat perjalanan ini  tak terasa panjang. Semuanya ditempuh dalam waktu 3 jam setengah.
            Pukul 20.30 WIB, kaki kita sudah bertapak di Kota Malang tepatnya di UIN MALIKI MALANG. Hawa dingin dengan cepat menyeruak kedalam tulang kita. Tak mau berlama –lama  kita segera mengambil air wudhu  dan melaksanakan sholat  kemudian mengisi perut yang lama kosong. Setelah perut terisi, untuk santri putrid  kita bergegas menuju asrama untuk melepas lelah. Asrama itu adalah asrama Al-Hikmah Al-Fathimiyyah yang diasuh oleh putri terakhir KH. Fattah Hasyim yang akrab dengan sapaan   “ Neng Syafi’ ”. Kedatangan kita rupanya disambut hangat dan ramah oleh beliau. Kita dipersilahkan menginap di kamar putra putri beliau di lantai dua. Sedangkan untuk putra menginap di base camp HIMABA.
            Ahad, 17 November 2013.
 Udara dingin membangunkan kita dari tidur nyenyak. Dalam keadaan seperti itu kita harus tetap bangun untuk memompa semangat. Setelah semua sholat dan mandi, kita  bergegas menuju UIN MALIKI MALANG . Tapi  sebelumnya Neng Syafi’ mempersilahkan kita untun sarapan. Hanya dengan waktu 5 menit kita telah sampai di lokasi.
            Dengan segera kita menuju ke gedung HUMANIORA yang tepat berada di depan gedung rektor UIN untuk mengikuti Opening Ceremony GAZA.
 
Opening Ceremony GAZA
Setelah acara selesai  kita menuju lokasi lomba baca  kitab yang berada di Masjid Ulul Albab. Madrasah kita mendapatkan urutan ke 21 untuk putri dan 22 untuk putra. Sambil menunggu giliran  perfome delegasi  madrasah, sebagian dari kita mewawancarai  salah satu anggota panitia penyelenggara GAZA, yakni dengan seseorang dengan sapaan akrabnya “ Kak Yustina “. Menurut pemaparan Kak Yustina, GAZA baru berdiri satu tahun ini, dan GAZA merupakan perayaan milad HMJ PBA ke-4. Ajang GAZA ini diadakan setingkat PONPES, MA, SMA dan  sederajat nya se- Jawa-Bali, serta untuk kalangan civitas UIN MALIKI MALANG. Pada mulanya panitia sangat pesimis akan suksesnya acara GAZA ini, hal ini dikarenakan pada awal pembukaan pendaftaran lomba, hanya sedikit civitas kampus yang ingin berpartisipasi dalam GAZA ini, “ dari civitas aja sedikit dek, apalagi untuk pelajar di luar kampus “, begitu tuturnya. Pada sampai H-2 minggu masih ada 20 unit sekolah yang mendaftar , lalu pada H-1 inilah hari puncaknya banyak unit yang mendaftar sampai sampai melebihi kuota. Dengan berat hati panitia pun menolak pendaftaran tersebut, diantaranya untuk lomba khitobah panitia menolak 24 peserta, dan termasuk madrasah kita. Ngenes rek asline..tpie..mau gimana lagi ? Allah pasti menyimpan banyak hikmah dibalik segala kehendakNya. Yeah.. I Believe it J.
Lomba Baca Kitab.
            Setelah nomor 19, urutan ke 20 dipanggil dengan nama saudari Ninik Kurnia. Dia adalah perwakilan madrasah dalam cabang baca kitab. Memukau, lancar dan fasih. Walaupun ada sedikit kesalahan yang menurut juri itu dapat mengugurkan nominasi sebagai pemenang. Berikutnya angka 21 perwakilan kita yang bernama Reza Panca dipanggil. Tegas, santun dan mengalir dia membackan kitab Ta’lim. Sampai pada sesi pertanyaan reza mampu mendecak kagum dengan meng-I’rab lafadz yang ditanyakan juri. Namun begitulah juri masih enggan mengalungkan gelar juara pada kedua perwakilan madrasah. Tapi sungguh salut melihat saudara-saudara kita tampil maksimal. Good job kawan!!
                                                                                                    Saudara kita dalam lomba Qiroatul Kitab
Then, kita menuju lokasi lomba kaliggrafi. Untuk mengerjakan kaligrafi panitia menyediakan waktu 5 jam untuk menyelesaikannya. Ketika menunggu peserta kaligrafi selesai, kita melihat banyak orang memakai seragam pramuka lalu lalang di koridor. Rasa penasaranpun mendatangai dua saudara kita. Tak mau membuang waktu, selagi menunggu peserta kaligfrai menyelesaikan lukisannya, tiga diantara kita bergegas menemui salah satu dari mereka, ia adalah Kak Ainun Nadhiroh Fakulatas Tarbiyah semester tujuh. Saat itu beretepatand engan study banding dari UTM ( Universitas Tronojoyo Madura ). Kegiatan ini juga merupakan salah satu cara untuk tetap menjaga tali silaturahmi, selain itu kegiatan pramuka ini adalah salah satu dari Unit Kegiatan Mahasiswa ( UKM ) .
            Menurut pemaparan Kak Ainun terdapat 15 UKM di UIN MALIKI diantaranya, Pramuka, Resiment Mahasiswa, KSR (PMI), LKP2M (sejenis penelitian), SR (Seni Religius). Resiment mahasiswa adalah semacam bidang keamanan, koyok kamtib ngunu iku lhoh rek.. Unit inin biasanya berlaga ketika menyambut rector. Ngomong ngomong tentang rector, rector UIN MALIKI tahun ajaran ini adalah Bpk. Mujia Raharjo. Ternyata bukan skolah aja loh guys yang punya ekstrakulikuler, meskipun kuliah identik dengan kata “sibuk”  tapi masih tetap ada kegiatan yang asik kok.
           
 
       Wawancara dengan Kak Ainun Nadhiroh                      
          








                                                                                       Salah satu  latihan UKM                    
Ketika wawancara hampir usai, kita melihat segerombol peserta kaligrafi banyak yang sudah mengosongkan lokasi perlombaan. Kita pun segera mengusai-i  wawancara dan menghampiri delegasi dari madrasah kita. Wajah mereka tampak kisut, lelah setelah berkutik dengan kain kanvas selama 5 jam, tak tega melihatnya kitapun segera beranjak dari tempat dan menuju musholla untuk menunaikan sholat. Seusai sholat kita menuju toko buku yang letaknya dekat dengan kampus, disana kita disuguhi berbagai macam buku, yang semakin membuat kita bingung untuk memilih beberapa diantara semuanya, hampir menghabiskan waktu satu jam di toko buku, namun akhirnya semua menemukan pilihan yang pas. Buku sudah di tangan, kita langsung menuju kembali ke asrama untuk menyandarkan lelah, eitss,, tapi tunggu dulu, kita mampir ke warung bakso, perut kita pada lapar pemirsa, haha.
            Cukup membutuhkan waktu 10 menit untuk sampai di asrama, pada waktu itu kita kehujanan, jadi baju kita agak basah. Di asrama, ternyata dinner dari tuan rumah sudah tersuguhkan. Xixixi, makan lagi deh. Makanan yang disuguhkan pun langsung kita eksekusi habis. tidur lelap melepas malam terakhir di Malang dengan badan  remek . Paginya, kita membereskan semua barang, hari ini saatnya kita akan kembali ke Jombang. Di tengah-tengah perjalanan pulang, kita mampir ke pasar Dewi Sri untuk membelikan pengasuh dan guru-guru buah tangan. Setelah itu kita makan dan membeli susu di koperasi susu Pujon. 

Semuanya telah selesai, dan kita kembali melanjutkan perjalanan pulang. Kembali melewati jalan yang meliuk liuk indah. Dan tak terasa tepat pada waktu ashar kita sudah  berada di Jombang.
            Maaf kita belum bisa membawa apa-apa. Tapi kita membawa pengalaman untuk menjadi  lebih baik ke depan. This is Our First Competition, tomorrow we will become a Champion. (*)
 






 Dalam First Competition di GAZA ini, MA. Fattah Hasyim Mengikuti 4 cabang lomba dengan perwakilan di setiap cabang :

NO
JENIS LOMBA
SISWA
SISWI
GELAR JUARA
1
 LKTI
Cincin Priyatama S
Jawaharo Nisa Salsabila



A. Hafid Amrullah
Nadia Najma
-


A. Wafuruddin
Qurotu A'yunina N

2
Baca Kitab
Reza Panca
Ninik Kurnia
-
3
Kaligrafi
Bagus Adi Prayogo
La'aliul Mahfudhoh
-

4
Khitobah
M. Nur Rizal Hakim
-
-





4 comments:

  1. KAMI, segenap jajaran: POLRI TNI AUTNI AD TNI AL Guber nur WalikotaBupati Camat Lurah Ketua RW Ketua RTHansip Tukang portal Tukang oncomTukang gorengan Tukang baksoTukang pompa Tukang jahit Tukang palak Tukang gali kubur Dokter SusterInsinyur Hakim Jaksa PengacaraManajer hotel Manajer restoran Manajerfast food Manajer supermarket Satpamhotel Satpam mall Satpam kantorSatpam apartemen Satpam indomaret Satpam ding dong Mpok Romlah MpokEncum Mpok Jenab Mpok Cuneh MpokDomdom Bang Toang Bang Toing (adenye bang toang) Bang Ale BangSatimin Bang Kotan Engkong RimanEngkong Injih Engkong Malih Ceu Inah Ceu Anih (bukan adenye ceu inah, gatau siapanya) Ceu Lia Presiden WakilPresiden Ketua MPR RI Ketua DPR RIKapolri Kapolda Kapoltabes KapolresKapolsek Gubernur Wakil GubernurWali Kota Wakil Wali Kota Bupati Wakil Bupati Camat Wakil Camat Lurah WakilLurah Pak Carik Bu Carik Ketua RTKetua RW Sekretaris Bendahara HansipSatpol PP Satpam Ibu kost Penjagawarnet Tukang Sapu Bakul Mie ayamBakul Bakso Tukang Sate Bakul cilok Bakul gereh Bakul pindang Bakul esdawet Bakul srabi Bakul sego megonoBakul rujak Bakul siomay Bakul LobesBakul kentang Bakul mlinjo Bakulemping Bakul alfamart Bakul indomaretSupir angkot Supir truk Supir bus Supir m0ntor mabur Tukang becak Tukangnetek Tukang gebyok Tukang nebasjengkol Aloy siu Randy sukamto Modindoang Febrian setia hadi Karto toyengIpux ndalipux Ipux ledha ledheeMufed weleh weleh Risti mo0n Suzanna Nyi lanjar Nyi pelet Nyi blorong Maklampir Mak erot Putra pengen rujakJuminten wae ah Mbak sawit Tyozmrongos Maria ozawa Miyabi WariaBencong Banci Lesbi Lesbong HomoHombreng Gay Bisex Laki2 hdung belang Brondong Cah sekolah IpinUpin Cinta fitri Tersanjung Kemilau cintakamila Ketika cinta bertasbih Wanitaberkalung sorban Ketika wariabertasbih Ponari Sumanto Tante girangTante2 penundan Tante2 tamanan Tante2 wuni Tante2 mbah surat Tante2njentol sari Tukang parkir Tukangledeng Tukang sedot WC Wong ngaritWong angon wedhus PengemisPengamen dan Seluruh KampungMENYUKAI POSTING ANDA

    ReplyDelete